Mengenal Istilah Bisnis Online

istilah bisnis online

Terdapat dua kata dalam Bisnis Online yaitu Bisnis dan Online, apa itu Bisnis ? Bisnis adalah sebuah usaha untuk memutar kembali uang yang diperoleh untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat. Selanjutnya apa itu Online ? Online bisa kita artikan terhubung, terhubung kemana ? pastinya terhubung ke internet.

Jadi pengertian dari Bisnis Online yaitu sebuah usaha untuk memutar kembali uang demi mendapatkan keuntungan melalui internet. Atau dapat diartikan sebagai kegiatan untuk memperoleh keuntungan yang sebagian atau seluruh aktifitas bisnisnya dilakukan secara online atau menggunakan media internet.

Dalam menjalankan aktifitas bisnisnya, ada beberapa pebisnis online yang menggunakan internet hanya sebagai media pemasaran saja, sementara aktifitas lainnya seperti tempat, ruko, transaksi pembayaran, proses pengiriman barang dan lain-lain masih ditangani secara offline.

Namun ada pula pebisnis online yang memanfaatkan internet bukan hanya sebagai media pemasaran, akan tetapi seluruh sendi-sendi kegiatan bisnisnya murni menggunakan internet. Mereka tak punya toko, tapi mereka punya website untuk memajang barang dagangannya. Mereka tidak punya produk fisik, tapi punya produk digital yang siap dikirim kemana saja. Mereka tidak punya banyak karyawan, tapi punya sistem yang bisa melayani pelanggan kapan saja.

Dan tidak sedikit pula diantara mereka yang berhasil memadukan keduanya, online dan offline. Aktifitas offline yang memungkinkan untuk disediakan secara offline, akan disediakan, begitu juga sebaliknya. Jadi bisnis apapun itu, selama dia masih menggunakan internet dalam menjalankan aktifitas bisnisnya, baik sebagian atau seluruhnya maka itu bisa disebut sebagai bisnis online.

Perbedaan-perbedaan dalam hal intensitas pemanfaatan internet jika kita lihat sebenarnya lebih disebabkan kepada perbedaan dalam format produk yang ditawarkan. Jika produk yang ditawarkan dikemas dalam format digital, sudah tentu kebanyakan aktifitas bisnis yang dilakukannya secara online. Sedang untuk produk fisik, jika memungkinkan untuk dilakukan secara online akan dilakukan. Jika tidak, tetap dipertahankan secara offline.

Apabila saat ini kita sudah memiliki produk sendiri tapi masih bingung mau di pasarkan kemana, segera kita mulai memasarkannya secara online. Kita bisa mulai dengan menawarkannya melalui Facebook, Twitter. Kita juga bisa mulai menawarkannya dengan mengirim pesan personal melalui email, BBM, WhatsApps, dan masih banyak cara lainnya.

Apabila Kita mengerti bagaimana cara membuat website, itu lebih baik lagi. Dengan website, informasi mengenai barang atau jasa kita akan lebih terkonsentrasi di satu tempat. Ini penting, supaya pengunjung atau calon pembeli tidak bingung harus mencari kemana terkait barang atau jasa yang kita tawarkan. Rutin melakukan promosi melalui akun personal kita di Facebook atau Twitter juga bisa memberikan penghasilan yang tidak sedikit. Jika tahu caranya, maka strategi marketing di Facebook atau Twitter juga bisa memberikan penghasilan secara berkelanjutan untuk kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *